skip to Main Content

Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Bagi Guru Bahasa Mandarin

Author: Mulawarni, S.S

 

Abstract    Guru memiliki peranan yang penting dan strategis dalam membentuk karakter bangsa dan mengembangan potensi yang dimiliki peserta didik. Oleh sebab itu, guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mau secara sukarela meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Dalam pengajaran bahasa Mandarin di sekolah, masih terdapat guru bahasa Mandarin yang kompetensi professional dan kompetensi pedagogik masih kurang memadai untuk mengajarkan bahasa Mandarin. Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru bahasa Mandarin, pemerintah menyelengarakan program pelatihan kompetensi guru yaitu diklat peningkatan kompetensi guru bahasa Mandarin di Tiongkok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner, tes mikro teaching, dan tes kemampuan berbahasa Mandarin (HSK).

Diklat Guru Hebat Bahasa Mandarin Indonesia SMA/SMK Tahun 2016 di Fujian Normal University, China merupakan salah satu kegiatan penunjang peningkatan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru bahasa Mandarin. Pada diklat ini dipelajari materi-materi yang dapat menunjang kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik, memotivasi dalam pengembangan karir profesi sebagai guru bahasa Mandarin, serta membantu meng”update” dengan teknologi, materi dan peraturan terbaru dalam pengajaran bahasa Mandarin.

Keywords : Pelatihan, Diklat Guru Hebat Bahasa Mandarin, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional.

 

Full text: PDF

 

References :

[1] Asmani J.M. 2009. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional.    Jogjakarta : Power Books (IHDINA).

[2] Fu Min & Zhang Lulu. 2014. 《我国高校教师胜任力模型研究述评》 A Review of Chinese Competency Model Research of Teachers in Colleges and Universities. Chinese Academic Journal, Vol.27 No.9.

[3] Ismail, Muh. Ilyas. 2010. Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol.13 No.1 Juni 2010 :44-63.

[4] Notoatmodjo, S. 2015. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.

[5] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

[6] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

[7] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

[8] Puspitaningsih, Lestari. 2016. Laporan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bagi Guru Hebat Bahasa Mandarin. Jakarta: PPPPTK Bahasa.

[9] —————–. 2017. Laporan Evaluasi Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bagi Guru Hebat Bahasa Mandarin. Jakarta: PPPPTK Bahasa.

 

ISBN : 978-602-51169-6-4

 

Program Studi Sastra Tiongkok

Universitas Al Azhar Indonesia

2018

 

Back To Top