skip to Main Content

Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa Sastra Tiongkok Tingkat 3

Author: Dr. Tri Budianingsih, S.S., M.Pd

 

Abstract Penelitian ini dilakukan pada salah satu universitas swasta di Jakarta Selatan dengan keunggulan prodi sastra Tiongkoknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar mahasiswa apakah visual, audivisual, auditorial atau kinestetik? Gaya belajar dapat mempengaruhi hasil belajar, sehingga informasi ini sangat penting bagi dosen untuk meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini non-eksperiman yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini seluruh mahasiswa tingkat 3 sastra Tiongkok sebanyak 15 mahasiswa. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kusioner. Hasil analisis menunjukkan mahasiswa sastra Tiongkok tingkat 3 gaya belajarnya cenderung audiovisual sebesar 33%, sedangkan visual 26%, auditorial 23%, dan kinestetik 18%. Contoh audiovisual bagi mahasiswa adalah dengan memberikan pembelajaran menggunakan video, dan bermain peran.

Keywords : Gaya belajar, visual, audivisual, auditorial, kinestetik

 

Full text: PDF

 

References :

[1] DePorter, Bobbi. & Mike Hernacki. 2016. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

[2] Kosasih, N. & Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung:      Alfabeta.

[3] Kartika Sari, Ariesta. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014, diunduh dari

 

Sumber Tautan

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=329744&val=7689&title=ANALISIS%20KARAKTERISTIK%20GAYA%20BELAJAR%20VAK. Diakses tanggal 1 Juli 2018.

 

ISBN : 978-602-51169-6-4

 

Program Studi Sastra Tiongkok

Universitas Al Azhar Indonesia

2018

 

Back To Top